Minggu, 25 November 2007

Budaya Melayu atau Budaya Riau

Sangat menarik rasanya menyimak tulisan Profesor Drs H Kailani Hasan MPd, berjudul “Bahasa Melayu: Bersatulah” yang dimuat di Harian Riau Pos, 10 Mei 2003. Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (Unri), ini mengajak semua masyarakat berbahasa Melayu di Asia dan kawasan lain di dunia untuk bersatu.

Bahasa Melayu sebagai fenomena sosial, menurut Pak Profesor, tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat Melayu dan kebudayaannya. Ruang lingkup pemakainya pun cukup luas. Bukan hanya di daerah Riau, tapi juga di beberapa negara tetangga. Di pelbagai daerah di tanah air sendiri, kata Profesor Kailani, masyarakatnya menggunakan Bahasa Melayu. Seperti dialek Jakarta, Bahasa Melayu Menado, Bahasa Melayu Palembang, Bahasa Melayu Medan.

Namun, agaknya Pak Profesor lupa mencantumkan – atau memang tidak menganggap – Bahasa Minang juga masih satu akar dengan Bahasa Melayu. Dalam konteks Riau, Bahasa Minang ini tak bisa diabaikan begitu saja. Maklum, dalam bahasa pergaulan sehari-hari di pelbagai tempat di Riau, masyarakat umumnya menggunakan Bahasa Minang. Bahkan, murid kelas satu sekolah dasar di Pekanbaru masih ada yang berhitung dengan angka: “ciek, duo, tigo, ampek…”

Secara de jure, Riau memang termasuk dalam kawasan Tanah

Melayu. Namun, secara de facto, banyak masyarakatnya yang masih sering menggunakan bahasa dan adat istiadat Minang. Malahan, bahasa dan adat istiadat Melayu Talukkuantan dan Kampar, kelihatan masih satu akar dengan Minang.

Daerah yang masih kental Melayu-nya saat ini, hanya di kawasan Bengkalis – minus Dumai dan Duri, serta Siak. Sedangkan Kepulauan Riau yang masih bertahan dengan ke-Melayu-annya – kendati telah banyak dihuni kaum pendatang – sebentar lagi akan berpisah dengan Riau Daratan.

Nah, agar Bahasa Melayu Riau sebagai bahasa daerah mempunyai fungsi sebagai lambang identitas daerah atau kelompok masyarakat Melayu Riau – sebagaimana yang diinginkan Profesor Kailani Hasan – nampaknya semua pihak harus bekerja keras. Apalagi guna memujudkan Visi Riau 2020, yang antara lain akan menjadikan Riau sebagai Pusat Kebudayaan Melayu.

Untuk mencapai target itu pada Tahun 2020, memang terasa agak berat. Namun, dengan upaya yang sangat keras sekali, hal itu masih dan bisa dilakukan. Buktinya, Singapura yang penduduknya mayoritas Orang Cina, kini telah bisa menjadikan Bahasa Inggeris sebagai bahasa sehari-hari. Jadi, kalau generasi saat ini masih susah diubah lidahnya menjadi lebih Melayu, setidaknya generasi tahun 2020 mendatang sudah akan fasih berbahasa dan berbudaya Melayu.

Sebagai langkah awal, salah satu jalan yang ditempuh adalah dengan mendidik para guru sekolah – terutama di taman kanak-kanak dan sekolah dasar – untuk mempergunakan bahasa Melayu yang baik dan benar. Dengan begitu, murid-murid pun sedikit banyak akan meniru sang guru. Jadi, tidak akan ada lagi terdengar murid yang mengerjakan matematika dengan angka ciek, duo, tigo, ampek.

Setelah Bahasa Melayu bisa menjadi percakapan sehari-hari di sekolah, maka langkah untuk me-Melayu-kan Riau pun menjadi lebih ringan sedikit. Artinya, meskipun Bahasa Melayu bukan sebagai bahasa ibu bagi murid-murid, tapi bahasa tersebut tidak lagi terasa asing bagi mereka yang akan menjadi generasi berikutnya pada tahun 2020.

Maka, setelah menjadi bahasa percakapan di sekolah, diharapkan para murid akan membawanya ke rumah dan ke pergaulan sehari-harinya di luar rumah. Dari sinilah diharapkan Bahasa Melayu akan berkembang lagi di pasar, perkantoran, dan tempat lainnya.

Yang menjadi kendala justru adalah menyatukan budaya dan kebiasaan masing-masing masyarakat. Rasanya tak mungkin bisa dengan cepat merobah adat kebiasaan orang Minang, misalnya dalam pesta perkawinan. Maklum, adat Minang mengenal adanya ninik mamak, sedangkan adat resam Melayu lebih terpaku kepada agama Islam.

Namun, agaknya hal ini tidak terlalu menjadi persoalan. Masyarakat Kampar dan Taluk, misalnya, meskipun adat istiadatnya terasa lebih dekat ke Minang, toh mereka tetap menyatakan diri sebagai orang Melayu. Atau bisa dicontoh masyarakat Negeri Sembilan, Malaysia. Kendati adat-istiadat mereka mirip dengan di Minang – bahkan sebagian rumah dan gedungnya masih bagonjong – mereka tetap mengaku sebagai orang Melayu.

Langkah untuk menjadikan Bahasa Melayu sebagai bahasa sehari-hari, seperti telah disebutkan tadi, dari segi teoritis memang dapat dilaksanakan. Namun, ada satu hal yang bisa mengundang rasa pesimistis keinginan tersebut akan terlaksana. Yakni masalah globalisasi dunia. Bayangkan saja, dengan kemajuan teknologi yang demikian pesat, bumi ini seperti jadi selebar daun keladi saja. Apa yang terjadi di pelosok dunia, saat itu juga bisa diketahui di tempat lain yang demikian jauh jaraknya.

Dengan keadaan seperti itu, apakah pada 2020 nanti masih ada orang yang berbahasa daerah? Agak susah untuk menjawabnya. Saat ini saja, karena terpengaruh sinetron atau acara lain di televisi dan radio, para remaja di Pekanbaru berbicara sudah seperti orang Jakarta. Apalagi jika nanti media elektronik dari luarnegeri dengan derasnya masuk ke Indonesia. Boleh jadi kata-kata sorry, thank you, atau fuck you menjadi bahasa sehari-hari.

Belum lagi jika perdagangan bebas semacam AFTA dan perdagangan bebas dunia akhirnya akan benar-benar terwujudkan secara nyata. Bisa saja montir mobil datang dari Jepang, sopir taksi orang Cina Singapura, dan buruh bangunan dari Bangladesh. Bagaimana pula cara mengajak mereka menggunakan Bahasa Melayu?

Jika suatu saat akan benar terjadi seperti itu, rasanya jadi agak sulit untuk meramalkan bagaimana nantinya bahasa dan adat istiadat yang digunakan orang di Riau. Sebab, Riau merupakan kawasan yang paling terbuka dengan kedatangan orang luar. Apakah masyarakat Riau tahun 2020 akan menggunakan Bahasa Melayu, Inggeris, atau mungkin juga Bahasa Cina. Sebab, jika melihat statistik agama terbesar ke dua di Riau adalah agama Budha, maka Orang Cina – yang umumnya menganut agama Budha – merupakan penduduk kedua terbanyak di bumi Lancang Kuning ini. Dan mereka jugalah yang mendominasi perekonomian, tak hanya di Riau, tapi hampir di seluruh penjuru tanah air, serta di kawasan Asean. Bisa-bisa kata kamsia atau sie-sie yang akan sering terdengar.

Nah, apakah tidak lebih bagus memikirkan sebuah wacana bagaimana membentuk suatu Budaya Riau yang dapat mengakomodasikan budaya-budaya lain yang ada di sini. Daripada nantinya Visi 2020 hanya sebagai cita-cita semata.

Penulis mantan wartawan TEMPO

6 komentar:

edi sutoyo mengatakan...

Numpang lewat Pak, and sambil baca-bace, saya jg dari pekanbaru.

Mr. Bingung mengatakan...

Salam kenal. Ayah saya keturunan asli Melayu Rokan Hulu. Ibu saya pun asli Melayu Deli (Sumatra Utara). Jadi keluarga kami ni melayu sekali. Namun, karena ayah saya tidak tinggal di Riau dan kami sekeluarga pun berpindah2 (yang kebanyakan) di luar kawasan Riau. Jadi budaya berbahasa "melayu" memang sangat kurang. Tapi, kalau sekedar adat sih itu masih bisa diikuti, trutama adat perkawinan.

Saya pribadi merasa tidaklah perlum memaksakan budaya melayu dari segi bahasa. Cukuplah dari tingkah polah dan kebudayaan2 adat dan identitas. Dan dengan mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Insya Allah, kita telah melestarikan Bahasa Melayu Riau. Bukankah, Bahasa Melayu Riau adalah akar dari Bahasa Indonesia.

Mas Awan Sableng mengatakan...

Hallo Pak
Akhirnya kita bertemu di blog :)
semoga Anda dan keluarga selalu sehat2 saja, amiin

Salam Rindu Dari Metro :)

Unknown mengatakan...

Assalammualaikum,

Menurut saya melestarikan budaya Riau dengan menggunakan bahasa melayu sebagai bahasa sehari-hari tidak hanya pada acara2 resmi saja.
semua itu tergantung niat pada kita.
terutama kita ini generasi muda, kapan lagi untuk memulainya jika tidak sekarang?

Saya juga berlatar belakang keluarga melayu Riau, kami sekeluarga ataupun dengan tetangga yg lain juga kalau bercakap-cakap terkadang juga menggunakan bahasa melayu juga logatnya.

orang sumut saja mau menggunakan bahasa batak, orang sumbar dengan bahasa minang, orang sunda, orang betawi, begitupula dengan orang Jawa.

menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar boleh2 saja dianggap sebagai penghargaan terhadap bahasa melayu Riau, tapi kita juga tak lupa pula untuk tetap melestarikan bahasa melayu Riau sebagai bunda bahasa nasional kita itu. tak ada salahnyakan? masa kita tinggal di Riau tak pakai bahasa sendiri? malah pakai bahasa kampung orang lain? malah nantinya identitas jati diri sbg melayu itu justru tak ada sama sekali, tingkah laku ataupun pola2 melayu itu tak cukup menggambarkan jati diri, bahasa adalah inti dari kebudayaan itu.

demikian dari saye nie, wassalammualaikum.

Ratih Juhara mengatakan...

Budaya memang harus dilestarikan, apalagi di jaman era globalisasi ini, budaya barat sudah hampir mempengaruhi anak2 muda..

Rahmad mengatakan...

Usaha memartabatkan bahasa melayu jangan lah sampai menghilangkan kebhinekaan. Lucu kalau memaksakan suatu budaya etnik tertentu terhadap etnik lain. Padahal kalau di pekan 60 persen penduduknya adalah orang minang, jadi wajar saja aura minang sanhat kental.
Jika anda berkata " toh dijogja pakai bahasa jawa dan di bandung pakai bahasa sunda" hal itu dikarenakan besarnya cinta mayarakat lokal terhadap budaya mereka sendiri sehingga masyarakat pendatang tanpa sadar dan tanpa dipaksa mengikuti budaya dan bahasa setempat, nah mampukah etnik melayu membuat pendtang senang dan butuh akan bahasa melayu? Dan tanpa pemaksaan? Karena budaya yang dipaksakan adalah ciri ciri budaya INFERIOR